Senin, 19 September 2016

Memakai Cincin Kawin Setelah Menikah?

“Sayang, kenapa sih cincin kawinnya ga pernah dipakai?”
“Iya ni, cincinnya nyusut! Jadi sudah ga muat lagi.”

Cincin kawin
Saya seringkali kesal kalau melihat suami saya tidak lagi memakai cincin kawinnya. Padahal setahun pertama ia masih rajin menyematkan cincin itu di jarinya. Sekarang alasannya cincin itu sudah tidak muat lagi. Memang benar sih, berat badannya saja sudah bertambah 10 kilo dibanding sebelum menikah. Terkadang jika suami sedang business trip, saya suka cerewet mengingatkan dia untuk kembali memakai cincin kawinnya. Ahasil dia selalu meledek saya sambil bercanda, “Insecure banget sih kamu, hehehe.”

Teman saya yang bernama Ririn, lain lagi ceritanya. Dia sudah menikah dengan Budhi selama lima tahun. Selama lima tahun pernikahan ini mereka sudah memiliki enam cincin kawin! Setiap tahunnya mereka selalu membeli satu cincin kawin di hari ulang tahun pernikahan mereka. Alasan mereka supaya seperti baru menikah terus. Sweet ya Teman-teman ! Pada cincinnya juga diukir kata 1st, 2nd, 3rd dan seterusnya sebagai pengingat umur pernikahan mereka. “Itu cara kita merayakan anniversary setiap tahunnya. Milih cincinnya juga gantian. Misal tahun sebelumnya aku yang pilih, tahun setelahnya Budhi. Selain itu kan jadi nabung, hahaha siapa tahu nanti bisa jadi mahar anak kita menikah dengan kumpulan cincin anniversary papa mamanya,” cerita Ririn kepada saya.

Memang tidak semua pasangan terus memakai cincin kawinnya. Biasanya para pria yang lebih banyak melepas cincin kawin mereka. Namun tidak sedikit juga para wanita yang baper alias bawa perasaan untuk urusan cincin kawin ini. Padahal para pria punya alasannya sendiri mengapa mereka melepas cincin kawin mereka, begitu juga yang masih setia mengenakannya. Seperti apa sih alasannya, berikut sharing dari mereka kepada Kami

Alasan memakai cincin kawin


Cincin kawin memang menjadi penanda bahwa seseorang sudah terikat. Pria yang memakai cincin, khususnya di jari manis boleh dikatakan tidak boleh dilirik atau melirik wanita lain. Banyak diantara mereka juga yang setia memakai cincin kawin agar senantiasa ingat bahwa dirinya sudah menikah sehingga diharapkan bisa menjaga sikap dan perilakunya.

1 tahun menikah

“Gw setiap hari pakai cincin kawin. Pernah suatu ketika cincinnya ketinggalan, merasa bersalah banget deh. Karena di ajaran agama gw tidak boleh pakai emas, jadi gw pakai andamantium. Eh andamantium mah Wolverine ya, paladium deng, hahahaha! Karena buat gw, cincin sebagai salah satu pengingat klo gw sudah menikah dan jaga – jaga kalau ada yg godain, hahaha.”

3 tahun menikah

“Gw pakai cincin sebagai tanda kalau gw sudah menikah. Kan bisa jadi aksesoris juga, jam di tangan kanan, cincin di tangan kiri.”

1 tahun menikah

“Gw pakai cincin, biar selalu ingat masih ada cicilan catering.”

Alasan melepas cincin kawin

Melepas cincin kawin bukan berarti dia tidak sayang lagi dengan istrinya atau berpura – pura menjadi lajang. Sebenarnya mereka memiliki alasannya tersendiri untuk tidak memakainya kembali, berikut alasannya :

Tidak suka perhiasan

Pria berbeda dengan wanita yang senang mengenakan perhiasan maupun aksesoris. Bagi pria memakai jam tangan untuk kegiatan sehari – hari saja sudah cukup.

6 tahun menikah

“Dari dulu tidak senang pakai cincin, ribet musti lepas kalau sedang cuci tangan.”
Takut hilang atau sudah hilang
 Karena tidak terbiasa dengan adanya perhiasan di jari mereka, maka pria cenderung ceroboh dan suka lupa meletakkan cincin kawinnya. Bahkan diantara mereka sudah membuatnya hilang!

9 tahun menikah

Cincin kawin disimpan sama istri gw. Dia takut hilang makanya disimpan. Akhirnya gw pakai cincin batu akik saja deh, hehehe.”

2 tahun menikah

“Sudah ga pakai cincin kawin lagi karena sudah hilang. Belum kebeli lagi nih!”

Larangan agama
Agama Islam dalam ajarannya melarang para pria untuk mengenakan emas pada tubuhnya, sehingga pria Muslim biasanya tidak mendapatkan cincin kawin dalam pernikahannya.

5 tahun menikah

“Waktu menikah suami tidak beli cincin kawin, karena dalam Islam pria tidak boleh memakai emas. Jadi sekarang yang pakai cincin kawin cuma gw saja.”

Kekecilan
Masalah klasik para pria yakni mengalami kenaikan berat badan setelah menikah. Sejalan dengan berat badan yang semakin bertambah, jari – jarinya pun ikut membesar. Alhasil cincin kawin pun sesak dan terpaksa disimpan.

6 tahun menikah

“Sesek banget pakai cincinnya sekarang, sampai hampir tidak bisa dilepas. Jadi amannya disimpan saja dulu cincinnya.”

Pemakaian cincin kawin memang sudah menjadi budaya sebagai tanda bahwa seseorang sudah menikah. Namun keputusan untuk melepas atau tetap memakai bukan jaminan seberapa besar cinta dan kesetiaannya terhadap pasangan. Jaminan untuk hal tersebut tetap dinilai dari perbuatan dan tingkah laku kita.

sumber : thebridedept(.)com


Semoga artikel Memakai Cincin Kawin Setelah Menikah? bermanfaat bagi Anda. Jika kamu suka dengan artikel Memakai Cincin Kawin Setelah Menikah? ini, like dan bagikan ketemanmu.

Poskan Komentar

CINCIN KAWIN - All Right Reserved.Powered Edit by : cincin kawin